Subscribe:

Labels

Sabtu, 06 November 2010

Tugas ISD

NAMA KELOMPOK:
SAHIDINA ALI (56410329)
JAZPRADA ARUAN (53410723)
HANUNG F.S. (53410131)

KELAS: 1IA17

Manusia
Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah paling sempurna dibandingkan dengan machluk yang lainya, termasuk diantaranya Malaikat, Jin, Iblis, Binatang, dllnya. Tetapi kita sendiri sebagai manusia tidak tahu atau tidak kenal akan diri kita sendiri sebagai manusia. Untuk itu marilah kita pelajari diri kita ini sebagai manusia, Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya.

Sebenarnya manusia itu terdiri atas 3 unsur yaitu:
1. Jasmani.
Terdiri dari Air, Kapur, Angin, Api dan Tanah.
2. Ruh.
Terbuat dari cahaya (NUR). Fungsinya hanya untuk menghidupkan jasmani saja.
3. Jiwa. (An Nafsun/rasa dan perasaan).
Terdiri atas 3 unsur:
o Syahwat/Lawwamah (darah hitam), dipengaruhi sifat Jin, sifatnya adalah: Rakus, pemalas, Serakah, dll (kebendaan/materialis)-menjadi beban masyarakat.
o Ghodob/Ammarah ( Darah merah ), dipengaruhi oleh sifat Iblis, Sifatnya adalah: Sombong, Merusak, Angkara murka dll (Menentang)-Menjadi pengacau masyarakat.
o Natiqoh/Muthmainah (darah Putih), Dipengarui sifat malaikat, Sifatnya adalah: Bijaksana, Tenang, Berbudi luhur, Berachlak Tinggi dan Mulia- Menciptakan kedamaian dan kasih sayang.
Alat dari pada Jiwa yaitu otak, yang terdiri atas 3 bagian juga:
1. Akal (timbangan) haq atau bathil
2. Pikir (hitungan) Untung rugi
3. Zikir (ingatan) Ingat Allah
Jadi kalau diibaratkan mobil maka jasmani ini adalah Body daripada mobil sedangkan Ruh sebagai Accu yang sifatnya hanyalah sebagai yang menghidupkan saja dan Jiwa adalah sopir atau yang mengendalikan dari pada mobilnya dimana dialah yang bertanggung jawab atas keselamatan dari pada mobil itu sendiri. Jadi Disini jelaslah bahwa yang dikatakan manusia itu adalah Jiwanya dimana dialah yang bertanggung jawab atas perbuatanya.
Machluk machluk yang diciptakan Allah ( dimana ada yang menjadi musuh atau lawan manusia yaitu I
Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba, Manusia Kera dan Manusia Modern - Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi
Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern.
Yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak terbukti kebenarannya karena teori evolusi telah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.
A. Manusia Kera dari Afrika Selatan
1. Australopithecus Africanus
Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.
2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.
B. Manusia Purba / Homo Erectus
1. Sinanthropus Pekinensis
Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.
2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 - 1941.
3. Manusia Heidelberg
Manusia heidelberg ditemukan di Jerman
4. Pithecanthropus Erectus
Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.
C. Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
1. Pertumbuhan Individu
Individu, kata ini berasal dari bahasa latin “individuum”, yaitu yang tak terbagi. Atau bias juga dikatakan sebutan yang menyatakan kesatuan yang paling kecil. Individu menekankan penyalidikan pada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia. Individu merupakan kesatuan yang terbatas, yaitu perseorangan. Sifat dan fungsi orang-orang sekitar kita adalah makhluk yang agak berdiri sendiri dalam berbagai hal.
Petumbuhan adalah proses asosiasi, yaitu terjadinya perubahan pada seseorang tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman atau pun empiris luar melalui panca indera yang menimbulkan sensations maupun pengalaman dalam mengenai keadaan batin sendiri yang menimbulkan reflexionis.
Dalam membahas pertumbuhan itu ada bermacam-macam aliran, namun pada garis besarnya dapat dibagi tiga golongan, yaitu:
a. Pendirian nativistik
Para ahli dari golongan ini menunjukkan berbagai kesempatan atau kemiripan orang tua dengan anaknya. Misalnya seorang ayah memiliki keahlian dibidang seni luki, maka kemungkinan besar anaknya menjadi seorang pelukis. Tetapi hal ini akan menimbulkan keraguan apakah kesamaan orang tua dengan anaknya adalah bawaan dari sejak lahir karena adanya hal-hal yang dapat memberikan dorongan kea rah kemajuannya.
b. Pendirian Emperistik dan Environmentalistik
Pendirian ini berlawanan dengan pendapat navistik, para ahli mengatakan bahwa pertumbuhan individu seolah-olah tergantung pada lingkungan, sedangkan dasar tidak berperan sama sekali.
c. Pendirian konvergensi dan interaksionalisme
Konsepsi konvergensi ialahkonsepsi interaksionalismeyang berpandangan dinamis yang menyatakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan yang dapat menentukan pertumbuhan individu.

2. Fungsi Keluarga
Keluarga adalah unit terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok terkecil dari masyarakat. Keluarga erdiri dari suami, istri, dan anak. Anak inilah yang nati berkembang dan menjadi orang tua seperti ayah dan ibunya. Berikut macam-macam fungsi keluarga, yaitu:
1. Fungsi biologis, dengan fungsi ini diharapkan agar keluarga dapat menyelenggarakan persiapan perkawinan untuk anaknya.
2. Fungsi pemeliharaan, keluarga diwajibkan berusah untuk terlindung dari gangguan udara, gangguan penyakit, dan gangguan bahaya.
3. Fungsi ekonomi, keluarga berusaha menyediakan kebutuhan yang pokok seperti makan dan minum, pakaian, dan tempat tinggal.
4. Fungsi keagamaan, keluarga diwajibkan menjalani ajaran-ajaran agama dalam lakunya sebagai manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME.
5. Fungsi social, mempersiapkan anak-anaknya dengan memperkenalkan nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak.

0 komentar:

Posting Komentar