Subscribe:

Labels

Selasa, 03 April 2012

Hubungan Client dan Server

Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain.  Komputer yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan yang menyediakan layanan disebut sebagai server.
 Pada awalnya Internet merupakan suatu proyek yang bertujuan untuk pertukaran data dan informasi para ilmuwan dan peneliti di Amerika, namun saat ini telah menjadi media komunikasi global yang banyak dipakai orang dimuka bumi. Masalah penting yang mendasar pada awal pertumbuhannya adalah Interne tidak diciptakan dengan tampilan graphical user interface (GUI) seperti saat ini. Internet dimulai pada masa orang masih menggunakan alat-alat akses berbasis teks dan perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta susah diingat, sangat berbeda dengan apa yang ada pada saat ini yang hanya mengklikkan tombol mouse pada layar grafik berwarna[16].

Popularitas Internet mulai berkembang pesat setelah standar baru diperkenalkan kepada masyarakat yaitu HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) dan HTML (Hypertext Markup Language) sehingga pengaksesan Internet melalui protocol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Dengan standar baru tesebut maka informasi di Internet dapat disajikan secara visual dan lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML membuat orang mengenal istilah baru dalam dunia internet yang sangat popular dan diidentikkan dengan Internet itu sendiri yaitu World Wide Web (WWW ) atau web[18]. Pada prinsipnya World Wide Web bekerja dengan cara menampilkan file-file HTML yang berasal dari server web pada program client khusus, yaitu browser web. Konsep dasar hubungan client/server dengan teknologi web.

0 komentar:

Posting Komentar