Subscribe:

Labels

Minggu, 03 Juni 2012

Mengukur Popularitas Blog & Website

Kamu seorang Blogger Sejati, senang menuliskan apapun di blog, pastinya anda juga  ingin  tahu seberapa besar kepopuleran blog kamu?? Ya, ada pengukuran tingkat pengaruh sebuah blog mempertimbangkan beberapa aspek.
Di antaranya apakah blog tersebut mudah dicari melalui mesin pencari online. Jadi semakin mudah blog itu dicari di mesin cari, maka akan membuat skornya juga naik persebaran link dari blog tersebut ke blog lainnya. Semakin banyak link yang ditampilkan di blog lain, akan meningkatkan skor di BlogLevel. Juga seberapa banyak posting dalam blog dibahas di media sosial. Aspek-aspek tersebut akan menentukan seberapa tinggi pengaruh sebuah blog kunjungi link berikut:
http://bloglevel.edelman.com/
kita cukup memasukkan nama blog di website bersangkutan dan dalam waktu singkat,
akan muncul seberapa besar skor pengaruh blog di dunia maya.

Berikut ini beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk mengukur popularitas Website kita:

Page rank adalah tool yang digunakan oleh Google untuk menentukan rangking suatu website. Nilai page rank mulai dari 1 – 5. Page Rank mempunyai algoritma khusus untuk menentukan tinggi rendahnya Page Rank suatu website. Untuk mencari website yang menyedia fasilitas pengkuran Page Rank coba cari di Google dengan kata kunci "page range checker" atau anda bisa langsung mengunjungi website berikut ini:



Kelebihan dari tools Page Rank adalah :
1. Memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link
2. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut
Kekurangannya adalah :
1. Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web.
2. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut.

2. Alexa
Tool ini akan menampilkan score website Anda di Alexa. Jika Anda memilih tampilan grafi, Anda bisa melihat grafik pengunjung Anda setiap bulannya.







Kelebihan dari tools Alexa adalah :
1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website
2. Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online
3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki
Kekurangannya adalah :
1. Perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, karena sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga
2. Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya, dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog)

Website ini akan mengukur Page Strength website Anda dengan menggunakan berbagai macam parameter, seperti Page Rank, Umur Domain, Score di Alexa, dll. Untuk memasang tool ini di website Anda lakukan test Page Strength.Setelah muncul hasilnya Anda akan diberi kode untuk di paste di website Anda.
Menurut saya Page Range merupakan pilihan terbaik karena pencetusnya adalah Google yang sangat populer pada saat ini :D

0 komentar:

Posting Komentar