Subscribe:

Labels

Selasa, 03 April 2012

Web Browser

Web Browser dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer.



Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Sejarah Web Browser

Web browser pertama kali ditemukan pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Itu disebut WorldWideWeb (tanpa spasi) dan kemudian berganti nama menjadi Nexus. Pada tahun 1993, perangkat lunak browser semakin inovasi oleh Marc Andreesen dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), “browser pertama populer di dunia”, yang membuat sistem World Wide Web mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan. Browser Andreesen yang memicu booming internet tahun 1990-an. Ini adalah dua tonggak utama dalam sejarah Web.

Pengenalan web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 – salah satu web browser grafis pertama – menyebabkan ledakan dalam menggunakan web. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser paling populer di dunia, terhitung 90% dari semua penggunaan web pada puncaknya.
Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer pada tahun 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar web browser; Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002.

Peserta terbaru browser Google Chrome, pertama kali dirilis pada September 2008. Chrome telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 7,7 persen menjadi 15,5 persen pada Agustus 2011. Peningkatan ini tampaknya berpengaruh besar pada Internet Explorer, yang sahamnya cenderung menurun dari bulan ke bulan. Pada bulan Desember 2011 Google Chrome mengungguli Internet Explorer 8 sebagai browser web yang paling banyak digunakan.Namun, ketika semua versi Internet Explorer yang disatukan, IE masih paling populer.

Macam-Macam Web Browser

Untuk memahami tentang pengertian web browser, berikut adalah beberapa web browser yang tersedia bagi Anda yang bisa didownload secara gratis. 
1. Microsoft Internet Explorer. Sebagian besar pengguna internet menggunakan Internet Explorer karena mudah digunakan dan sebagian besar situs web yang ditulis dengan Internet Explorer, yang berarti bahwa mereka lebih kompatibel. 
2. Opera. Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan, namun memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs. 
3. Mozilla Firefox. Firefox adalah web browser yang cukup cepat dalam memperoleh pengguna. Ia berada di belakang Internet Explorer karena memiliki tabbed browsing, fitur keamanan superior, dan akses yang cepat.
4. Google Chrome. Google Chrome adalah web browser yang dirancang untuk sistem Windows. Ia menawarkan desain minimal dan ‘teknologi canggih’, untuk membuat akses lebih cepat, aman, dan mudah. 
5. Mac Safari. Khusus untuk pengguna Mac, Safari adalah pilihan yang sangat baik untuk sebuah web browser. Safari berkemampuan akses cepat dan kompatibilitas yang baik

sumber

0 komentar:

Posting Komentar