Subscribe:

Labels

Rabu, 05 Oktober 2011

Pengenalan Internet

Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global.
Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.
World Wide Web (WWW) yang lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.

Internet sangat berguna bagi mereka yang haus akan informasi, misalnya seorang pelajar yang sedang membuat tugas dan memanfaatkan internet untuk mencari bahan/sumber dari tugasnya itu. Internet juga berguna untuk saling berkomunikasi/berinteraksi dari jarak jauh. Dengan menggunakan internet, kita bisa mengetahui bagaimana keadaan seseorang dari jarak jauh dengan menggunakan situs jejaring sosial semisal facebook maupun twitter. dari anak kecil bahkan sampai yang sudah tua pun ikut serta dalam menggunakan situs jejaring sosial ini.

Dampak dari penggunaan internet bagi pelajar:

Dampak Positif:
1. Membuat pelajar terbiasa main komputer dan mencari informasi
2. Sebagai bahan tambahan pelajaran yang belum di terangkan di sekolah
3. Memperluas wawasan informasi lokal maupun global
4. Sarana Komunikasi

Dampak Negatif:
1. Pornografi
2. Kecanduan Game Online
3. Kecanduan jejaring sosial
4. Perjudian online
5. Penipuan online

0 komentar:

Posting Komentar